Dalam merancang sebuah hunian, pintu merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Baik sebagai entrance ke dalam hunian maupun sirkulasi antar ruang di dalam hunian tersebut. Seiring berkembanganya jaman dan teknologi, desain pintu juga ikut mengalami perkembangan.Mulai dari teknik, teknologi, bentuk, hingga material yang digunakan untuk menciptakan pintu kini sudah sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera. Dari sekian banyak desain pintu yang ada, kira-kira desain pintu seperti apa yang cocok untuk hunian kamu?

Gaya desain pintu satu ini adalah salah satu gaya desain pintu paling populer. Bentukan pintu jenis ini umumnya terdiri dari panel persegi dengan kombinasi yang variatif. Terkadang dikombinasikan dengan kaca. Kebanyakan pintu dengan desain seperti ini menggunakan material kayu.

Desain klasik seperti ini cocok untuk gaya hunian apa saja, terutama klasik. Namun, tidak terlalu cocok untuk kamu yang ingin bukaan pintu yang besar.

Kayu adalah material paling konvensional dalam desain pintu. Baik itu kayu olahan ataupun kayu yang masih alami dengan gurat-guratannya. Kayu sendiri termasuk material yang mudah didapat dan diolah sehingga nggak heran banyak dijadikan pilihan sebagai pintu.

Namun, salah satu kelemahan dari material ini adalah ketidaktahanannya terhadap serangan hama kutu sehingga membuat daya tahan serta usianya yang lebih singkat.

Kayu solid merupakan bahan material daun pintu yang cukup lama kita kenal. Bahan material ini adalah hasil kayu alam yang dipotong berdasarkan ukuran dari pemesanan. Keuntungan dari kayu solid adalah mudah dibentuk beraneka ragam model daun pintu, dari yang polos, berprofil sampai dengan berornamen ukiran.Dari harga relatif lebih mahal khususnya kayu yang relatif keras dan tahan dalam waktu usia yang lama seperti kayu jati. Daun pintu kayu solid banyak digunakan mulai dari bangunan tradisional, klasik, modern hingga bangunan minimalis. Kayu solid cukup berat sehingga perlu disiapkan kusen yang kokoh serta engsel-engsel yang tebal dan kuat pula agar mampu memikul beban beratnya daun pintu.

Kayu olahan adalah berbahan dasar dari kayu solid yang melalui proses peleburan serbuk/serat kayu maupun melalui proses penyusunan belahan-belahan kayu kemudian jadikan bahan jadi dengan ukuran dan tebal tertentu, yang hasilnya kita kenal dengan nama antara lain; triplek/multiplek, teakwood, blockboard maupun papan MDF.

Bahan hasil olahan kayu ini harga lebih murah, jauh dibandingkan harga kayu solid. Daun pintu berbahan material kayu olahan seperti ini sangat cocok untuk bangunan murah meriah maupun bangunan yang bersifat temporari. Bahan material tersebut biasa digunakan untuk daun-daun pintu elemen interior.