Selain pintu, jendela juga menjadi salah satu bagian yang penting dan wajib ada di dalam sebuah rumah. Tak peduli ukuran rumahnya yang besar, kecil atau sedang, jendela tetap harus ada di dalam sebuah rumah. Apalagi dengan adanya jendela, maka sirkulasi udara di dalam sebuah rumah akan selalu lancar dan membuat setiap orang yang tinggal di dalamnya nyaman.

Namun banyak juga orang yang melupakan desain sebuah jendela pada saat membangun rumah, karena kebanyakan orang hanya fokus kepada desain interior atau eksteriornya saja. Padahal desain jendela minimalis juga akan menambah kecantikan dan keindahan pada sebuah rumah. Dalam memilih jenis jendela, selain mempertimbangkan desainnya anda juga harus melihat fungsinya.

Apakah jendela yang anda pilih tersebut memiliki ventilasi udara, atau desain yang anda pilih sesuai atau tidak dengan model dan desain rumah anda. Karena hasilnya akan tidak nyambung, jika anda memiliki desain rumah minimalis namun anda memilih desain jendela klasik. Pasti desain keseluruhan dari rumah anda akan terlihat tidak pas dan tidak cocok.

Pemilihan Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

Jika anda memilih model jendela minimalis, jangan lupa untuk menyisipkan desain modern pada jendela tersebut. Jika anda memilih kusen dari kayu atau baja, sebaiknya tidak menyisipkan banyak hiasan karena akan membuat desainnya terlihat terlalu rame. Jika anda memiliki desain rumah kontemporer, maka usahakan untuk memilih warna putih untuk warna kusen jendela anda.

Dalam memilih jenis dan model jendela di rumah anda, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Pilihlah jenis jendela yang merefleksikan gaya arsitektur dalam sebuah rumah

Hampir setiap rumah pasti memiliki gaya arsitekturnya masing-masing, yang membuat rumah tersebut unik dan berbeda dari rumah lainnya. Langkah pertama yaitu pilihlah desain jendela yang sesuai dengan estetika rumah anda. Contohnya jika desain rumah anda kontemporer maka pilihlah jendela yang berukuran tinggi.

Desain Jendela Tradisional

2. Tentukan fungsi jendela di rumah anda

Bukan soal keindahannya saja yang menjadi pertimbangan anda dalam memilih jendela, tetapi juga fungsinya juga. Bagaimana caranya memilih jendela yang bisa menjadi jalan agar cahaya bisa masuk ke dalam rumah, ketika siang hari. Setelah memilih fungsi jendela tersebut, barulah anda bisa menghias jendela tersebut dengan desain yang menarik.

3. Memilih bingkai dan tiang jendela yang berwarna warni

Setelah memilih desain jendela minimalis yang sesuai dengan tema rumah dan selera anda, maka anda bisa memilih bingkai dan tiang yang warnanya beragam. Bahan jendela tersebut bisa dari besi ataupun kayu. Sedangkan untuk pemilihan warnanya, padukan dengan warna rumah anda agar tampak serasi dan warnanya tetap senada dengan rumah anda.