Siapa bilang ruangan sempit tidak bisa didesain dengan apik dan nyaman? Ruangan sempit tidak lagi menjadi halangan bagi Anda untuk mendapatkan ruangan sesuai impian Anda.Kebanyakan orang memanfaatkan bagian loteng rumahnya sebagai gudang penyimpanan barang. Padahal, loteng juga bisa kamu manfaatkan sebagai kamar, lho!

Ga asal sulap saja, ada beberapa kiat agar loteng rumahmu dapat berfungsi sebagai kamar. Pun bukan sembarang fungsi, tapi adalah kamar yang sehat dan layak ditempati.

Pertama, adalah ketersediaan ruang. Loteng yang layak dijadikan kamar tidur harus memiliki jarak setidaknya 2,5 meter antara titik tertinggi loteng dan lantai .Perhatikan juga material lantai. Lantai pada loteng, sebaiknya menggunakan material yang ringan. Kamu bisa menggunakan lantai vinyl atau kayu yang dilapisi pelapis anti rayap agar tidak cepat rusak.

Lantaran loteng adalah plafon rumah yang berbatasan langsung dengan atap, maka harus juga  memerhatikan kondisi bagian teratas ini. Panas di loteng sebagian besar berasal dari sinar matahari yang  diserap atap.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, sebaiknya pilih material atap yang tidak mudah menyerap panas. Kamu juga dapat memilih genteng yang bisa mereduksi panas.Seperti halnya ruangan lain dalam rumah, loteng juga seharusnya memiliki sirkulasi udara yang baik agar suhunya tidak terlalu panas. Kamu dapat menambahkan beberapa jendela pada lotengmu untuk memperlancar keluar masuknya udara.

Pencahayaan pada loteng dapat diperoleh dari jendela maupun  skylight pada atap rumah. Jika kamu memutuskan membuat skylight, letakanlah secara tepat agar cahayanya tidak membuatmu silau.Untuk kamar di loteng, sebaiknya kamu tidak menggunakan banyak furnitur. Selain karena sebaiknya kamar pada loteng memang tidak dibebani terlalu banyak furnitur, gunakan pula barang-barang yang sesuai dengan bentuk ruangan.