Indekos merupakan sebuah jasa yang menawarkan sebuah kamar atau tempat tinggal dengan sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu ( umumnya pembayaran per bulan ). Indekos banyak diminati di kalangan masyarakat saat ini. Berbagai ragam gaya indekos dan fasilitas di dalamnya dihadirkan untuk menarik perhatian para pencari indekos.Untuk kali ini dihadirkan, indekos single bergaya minimalis dengan konsep desain yang lebih tertata tentunya. sehingga, baik secara struktur maupun zoning interiornya pun sangat dpikirkan secara matang. Sebaiknya merencanakan dahulu konsep indekos tersebut. apakah bangunan tersebut menjadi satu dengan tempat tinggal anda atau terpisah. pada bab kali ini, akan membahas membangun indekos single yang berarti indekos terpisah dengan tempat tinggal. Pembagian zona, untuk indekos single ini, sangat mudah, ini dikarenakan hanya zona para penghuni indekos saja.

Desain Rumah Kost Minimalis 2019

Desain Rumah Kost Minimalis 2019

Selain itu juga merencanakan bagi siapa indekos tersebut, khusus bagi pria/wanita/pelajar/pasutri ataupun campur. apakah juga memiliki kamar mandi dalam/luar, menawarkan jasa sarapan pagi, cuci pakaian, pembersih kamar, dll. Hal-hal tersebut sangat diperlukan sebelum merancang bangunan indekos.

Desain Rumah Kost Minimalis Jogja

Desain Rumah Kost Minimalis Jogja

Konsep desain rumah kost 2 lantai minimalis sederhana ini adalah ditujukan untuk pelajar. Lalu, bagaimana mendesain bangunan indekos untuk para pelajar , agar nyaman untuk belajar dan menghadirkan suasana seperti di rumah sendiri. Bangunan indekos ini, di desain dengan dengan kamar mandi dalam, area ruang makan dan dapur menjadi satu ini dimaksudkan supaya penghuni kos lebih akrab satu sama lain, dan mereka bisa menikmati makan bersama sambil berbincang.

Desain Kamar Kost Eksklusif 2019

Desain Kamar Kost Eksklusif 2019

Kamu pasti sudah paham dengan semakin meningkatnya gaya hidup di Jogja. Jogja yang dulunya terkenal dengan apa-apanya yang murah kini semakin terkesan glamor dan metropolis, seperti di ibukota sana. Mall baru berdiri di hampir semua sudut kota Jogja, apalagi hotel, kafe, restoran, semuanya berlomba-lomba memadati kota Jogja.Tapi, coba tengok gaya hidup anak kost di Jogja jaman sekarang. Dari penampilannya saja sudah sangat glamor, jauh dari gambaran anak kost yang hidupnya pas-pasan tadi. Apa buktinya? Coba deh kamu lihat kos-kosan di Jogja sekarang, terutama kos-kosan putri, pasti sekarang lebih banyak jumlah kos-kosan putri eksklusif dengan fasilitas sekelas hotel jika dibandingkan dengan kos-kosan putri yang biasa saja. Kos-kosan eksklusif seperti ini sering kali diberi predikat kos-kosan “bebas”, meski tidak semuanya. Kalau kamu sudah paham dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang, pasti arti kata “bebas” tadi gak usah dijelaskan lebih jauh lagi, kan?

Rumah Kost

Rumah Kost Jogja

Beda dengan jaman dulu di mana kegiatan perkuliahan dan kegiatan kampus lainnya banyak dilakukan di siang hari. Sekarang ini, banyak mahasiswa yang kuliah hingga malam hari. Belum lagi kalau mereka langsung mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang lain. Alhasil, mereka bisa melangkahkan kaki keluar dari kampus di atas jam 9. Setelah itu, kadang mereka masih harus kumpul dengan teman-temannya untuk bikin tugas atau diskusi. Biasanya sih tempat nongkrong yang masih buka malam hari ya kalau gak angkringan, burjonan, ya kafe. Kalau dilihat dari gaya hidup anak sekarang yang kekinian, kafe pasti jadi pilihan. Pulang dari kafe, kadang udah lewat tengah malam tuh. Bisa dibayangkan kalau mahasiswi ngekost di kost biasa yang gerbangnya udah dikunci tepat jam 9 malam. Salah-salah dia harus manjat-manjat pager deh kalau mau masuk kos-kosan. Makanya, kos-kosan bebas lebih diminati. Biasanya kos-kosan semacam ini ada akses kunci 24 jam dan penghuninya bebas mau pulang jam berapa aja. Belum lagi kalau proses diskusi atau bikin tugas belum kelar dan kafe udah mau tutup, mau gak mau harus dilanjut di kost. Kalau kebetulan teman diskusi itu laki-laki, kan repot kalau kosnya kost putri biasa di mana tamu cowok dilarang masuk. Kalau kost bebas kan enak, mau masuk bareng temen cowok, lanjut diskusi atau “diskusi” yang lain juga terserah. Ini kenapa kost putri eksklusif dan bebas banyak dicari.Inilah mengapa banyak mahasiswi yang mencari kost dengan patokan kata “bebas” ini. Karena biasanya fasilitas “bebas” ini ada di kos-kosan eksklusif, maka mereka rela membayar sewa kos-kosan yang mencapai jutaan rupiah per bulannya. Entah bagaimana orang tua mereka di kampung harus membayar biaya hidup anaknya di perantauan jika sewa kosnya saja sudah jutaan. Jika ditambah dengan biaya makan, kuliah, jajan, dan lain sebagainya, mungkin jumlahnya bisa sangat banyak.

 

Sketa Rumah Kost Jogja

Sketa Rumah Kost Tampak Samping

Jika hanya mengandalkan kiriman uang saku dari ortu di kampung, banyak mahasiswi yang gak bakal bisa keep up dengan gaya hidup di Jogja sekarang ini. Bayangkan saja jika sehari uang makan dan jajan yang dijatah ortu adalah 50 ribu (padahal ini udah besar juga jumlahnya)? Mana cukup! Beli minuman di kafe aja sekarang 25 ribu ke atas. Belum nanti makannya. Makanya, banyak mahasiswi yang kemudian ambil kerjaan part time. Tuntutan pekerjaan, apalagi yang shifting, kadang bikin mereka harus pulang ke kost lewat tengah malam. Kadang, teman kerja yang cowok merasa gak tega, kemudian menawarkan untuk mengantar si cewek ke kost-nya. Kalau kost si cewek adalah kost eksklusif dan bebas, si cewek gak akan sungkan dong mengajak si cowok istirahat sebentar di kost-nya. Kalau si cowok kelihatan udah ngantuk banget, ya sekalian deh tidur di situ. Kalau di kost biasa mana mungkin bisa yang seperti ini.