Setiap rumah harus memiliki ruang makan, baik itu menyatu dengan dapur dan ruang keluarga, atau merancangnya secara terpisah dari ruangan lainnya. Ruang makan akan selalu menjadi salah satu ruang yang cukup penting untuk dimiliki setiap rumah. Namun dilema selalu datang dari space yang tidak tersedia. Tren ukuran rumah yang semakin kecil dan compact , tidak memungkinkan lagi untuk dapat memiliki semua ruang yang terpisah-pisah dengan fungsi yang berbeda-beda.

Secara tradisional, ruang makan dan dapur hampir selalu dirancang terpisah dari ruangan lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dalam rumah-rumah klasik berukuran besar. Namun saat ini, seiring perkembangan zaman, berkembang pula konsep dan gagasan desain lantai terbuka. Konsep lantai terbuka ini merupakan gagasan desain yang tidak terelakan, mengingat luasan atau ukuran rumah yang semakin menyempit dan mengecil.

Memang belum ada penelitian pasti kenapa ukuran rumah-rumah modern saat ini memiliki kecenderungan berukuran kecil dan dirancang sangat compact. Desain-desain rumah saat ini cenderung lebih mengutamakan fungsi daripada penampilan. Entah karena untuk mendapatkan penampilan menjadi satu hal yang cukup mahal, atau mungkin hanya gegara ketidaktersediaan lahan yang cukup untuk memiliki rumah ideal dengan luasan dan ukuran yang juga ideal.

Rumah berukuran kecil dan compact telah menjadi satu gagasan desain dan konstruksi yang cukup umum saat sekarang, terlebih di wilayah perkotaan. Hal tersebut tentu berakibat langsung terhadap gagasan desain dan konstruksi interior yang, mau gak mau harus dapat menyesuaikan.

Dalam rancangan ruang makan misalnya, dapur dan ruang makan tidak mungkin lagi dapat dirancang terpisah dari ruangan lainnya. Bahkan lazim kita temui dapur dan ruang makan menyatu dengan ruang keluarga Atau dalam beberapa konstruksi interior apartemen , dapur dan ruang makan bahkan menyatu dengan kamar tidur, mereka hanya terpisahkan oleh semacam  sekat ruangan.