Sebuah rumah dapat dikatakan nyaman apabila rumah tersebut sudah bsa memenuhi semua kebutuhan Kita dan keluarga, misalkan Ruangan tidur yg memadai dan sesuai dengan jumlah anggota keluarga atau Ruanganan-Ruanganan lainnya memiliki luas yg cukup sehingga bsa menampung semua barang Kita. Selain dua hal tersebut, rumah yg nyaman juga adalah rumah yg memiliki fasilitas lengkap. Biasanya begitu mendengar kata “rumah yg nyaman”, orang-orang akan langsung dihadapkan pada sebuah rumah besar dan mewah dengan luas yg tdk terkira dengan beragam fasilitas mewah seperti kamar tidur luas, kolam renang, garasi yg besar, hingga taman sebagai tempat refreshing.

Tapi, nyatanya sebuah rumah yg nyaman tdk harus selengkap dan semewah itu, yg terpenting adalah rumah itu cukup untuk menjaga Kita dan keluarga dari cuaca, dan menjadi tempat tinggal yg layak. Untuk masalah fasilitas, jika memang budget Kita pas-pasan dan rumah Kita tdk cukup untuk membuat segala fasilitas mewah, Kita bsa kok melengkapi rumah Kita dengan fasilitas lain yg lebih murah dan hanya memakan sedikit lahan namun sangat berguna untuk Kita dan keluarga. Misalnya, sebuah Ruangan ibadah. Untuk Kita yg beragama muslim, Kita bsa lho membuat sebuah Ruangan mushola mungil dengan desain minimalis. Dengan adanya sebuah mushola, akan membuat Kita dan keluarga lebih nyaman menjalankan ibadah sholat tanpa perlu takut terganggu dengan suara atau kegiatan anggota keluarga Kita yg lain.

Mushola keluarga dapat di tempatkan di dalam maupun di luar rumah. Untuk membuat mushola keluarga di rumah Kita silakan pilih tempat yg dapat memberikan kenyamanan ketika hendak maupun saat menunaikan sholat, sehingga kekhusukan dapat Kita peroleh. Penempatan mushola ini juga akan berhubungan dengan tata Ruangan di dalam rumah Kita, itu jika Kita menempatkannya di dalam rumah. Sedangkan mushola yg berada di luar rumah akan sedikit sekali bersinggunan dengan penataan Ruangan yg lain, sehingga akan lebih mudah dalam desain serta mengarahkannya ke kiblat.

Hal ini berhubungan dengan ketersediaan lahan sebagai area untuk membuat mushola di rumah Kita. Semakin luas lahan yg tersedia tentu akan semakin mudah dalam menentukan berapa luas yg dibutuhkan. Namun Untuk Kita yg mempunyai lahan terbatas jangan berkecil hati, karena Kita juga dapat membuat mushola keluarga walaupun dengan kuota jamaah yg berbeda. Untuk menentukan ukuran Ruangan mushola, paling mudah adalah dengan menggunakan ukuran sajadah orang dewasa. Rata-rata panjang sajadah orang dewasa adalah 110 cm – 120 cm, sedangkan lebarnya antara 50 cm sampai dengan 70 cm. Setelah Kita tentukan ukuran mana yg nyaman Untuk seluruh penghuni di rumah Kita, silakan tentukan berapa shaf dan setiap shaf terdiri berapa orang jamaah yg Kita inginkan. Sebaiknya antara shaf di beri jarak 10 cm. Dengan begitu Kita dapat menentukan berapa luas lahan yg dibutuhkan untuk membuat mushola tersebut.