Karpet sering kali dipasang untuk menghidupkan kesan hangat di dalam sebuah ruangan. Meskipun begitu, tidak jarang pula orang yang memasang karpet dengan tujuan murni untuk mempermanis ruang interior mereka. Lalu bagaimana kalau kamu mau mempermanis sekaligus menciptakan kesan hangat tapi ruanganmu relatif sempit dan terbatas.Untuk kamu yang sekarang tinggal di apartemen atau daerah perkotaan, memiliki lahan luas dan lapang merupakan sesuatu yang sangat langka dan mahal. Walaupun begitu, jangan jadikan permasalahan ini alasan untuk mengabaikan dekorasi dari interior rumah. Di sini, akan membahas tentang cara memilih karpet ideal serta desain-desain karpet keren yang bisa membuat ruangan mungilmu terlihat lebih luas.

Jika kamu mau bereksperimen dengan karpet bermotif, kalau bisa pilihlah yang bentuk polanya besar. Karpet dengan motif yang terlalu detail dan kecil biasanya justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit. Tapi jangan juga membatasi diri untuk berkreasi hanya karena anggapan ini, ya. Sebab semuanya akan kembali bergantung pada furniture yang kamu pilih serta faktor pendukung lain yang ada di ruangan tersebut, seperti jendela, gorden, atau cermin.Hal paling utama yang harus dipertimbangkan saat memilih karpet adalah ukuran. Karpet dengan ukuran terlalu kecil akan menimbulkan kesan tidak hangat. Nah, sebaliknya jika ukuran karpetmu terlalu besar, ruangan justru jadi terkesan lebih sempit dan penuh.

Nah, untuk menentukan ukuran ideal karpet, tentukanlah berdasarkan penempatan furnitur – bukan ukuran ruang. Ya, sebetulnya tidak ada standar khusus untuk menentukan ukuran ideal karpet sebab semua bergantung pada cara kamu menempatkan furnitur pada ruangan tersebut. Hal lain yang bisa dijadikan tolak ukur adalah dengan memperkirakan jumlah ubin yang seharusnya tidak ter-cover oleh karpet.Karpet dengan warna putih memang terkenal rentan kotor, namun karpet dengan warna ini bisa salah satu faktor yang dapat membuat ruangan tampak lebih cerah dan luas.

Ada banyak fungsi karpet pada ruang tamu atau ruang keluarga. mulai dari melapisi ubin, menghangatkan suhu ketika diinjak, tempat lesehan ketika bersantai, hingga meminimalisir pecahan atau kerusakan jika ada benda yang jatuh dari atas meja. Kini karpet tentu saja tidak hanya dilihat dari sisi kegunaan, tetapi juga estetika. Karpet yang cantik dan berkualitas pastinya akan menambah keindahan ruangan.Penggunaan karpet tidak hanya bisa dilakukan pada ruangan yang luas saja, kamu yang memiliki ruang keluarga atau ruang tamu yang kecil tidak perlu berkecil hati. Asalkan mengetahui trik-trik tertentu, kamu bisa mengubah ruangan sempitmu jadi tampak lebih luas hanya dengan karpet.