Garasi mobil merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah rumah terutama bagi pemilik rumah yang memang memiliki kendaraan mobil apalagi jika jumlah mobil atau kendaraan lainnya melebih satu unit. Garasi memiliki beragam fungsi yang dapat anda manfaatkan seperti melindungi kendaraan sang pemilik rumah dari kondisi cuaca panas maupun hujan, selain itu fungsi utama yang lebih penting dari garasi adalah memberikan perlindungan keamanan dari kejahatan orang-orang yang berusaha untuk mencuri kendaraan. Begitu pentingya garasi mobil sehingga harus juga diperhatikan.

Untuk membuat garasi kendaraan di rumah tentu harus diperhitungkan secara cermat dan tepat, supaya garasi tersebut terlihat menyatu dan serasi dengan bangunan rumah secara keseluruhan dikarenakan garasi juga memberi dampak keindahan exterior rumah anda. Membuat garasi mobil yang ideal juga akan memudahkan anda dalam melakukan berbagai aktivitas perawatan kendaraan secara berkelanjutan yang berdampak pada usia kendaraan anda yang menjadi lebih panjang.

Perhatikan luas lahan yang akan anda gunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan mobil anda, hal ini sangat menentukan garasi mobil yang nyaman untuk ditempati mobil Anda. Luas lahan yang proporsional juga ditentukan dari jumlah mobil yang dimiliki. Ukuran garasi mobil ideal untuk mobil kecil dengan ukuran 2,4mx 4,8m dan untuk garasi mobil besar dengan ukuran 3m x 6m. Usahakan agar garasi mobil yang anda buat tidak terlalu pas dengan ukuran kendaraan mobil anda.Perhatikan tata letak garasi mobil yang akan anda bangun, apakah didepan rumah, dibelakang rumah atau disamping rumah, pastikan anda sesuaikan dengan keadaan rumah anda. Idealnya garasi diletakan pada samping rumah maupun depan rumah sehingga desain garasi pun tidak boleh asal-asalan

Warna garasi diselaraskan dengan warna cat rumah anda atau dapat anda kreasikan sendiri dengan warna yang anda sukai, jangan salah pilih warna cat karena mempengaruhi keindahan garasi mobil tersebut,Beban kendaraan menjadi fokus utama dalam memilih material lantai. Selain itu tumpahan oli bekas, asap kendaraan juga akan cepat mengotori lantai garasi anda. Plilihlah material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti granit atau keramik agar tidak menyerap dan mudah dibersihkan. Pilih material yang lebih bertekstur untuk menghindari permukaan yang licin.